Cara ganti kain sofa paling simpel terbaru 2020

Ganti kain sofa – Ketika anda memiliki sofa yang rusak atau telah tidak sesuai diterapkan. Jangan ambil keputusan untuk membuangnya. Karena kami akan merubah sofa anda yang lama menjadi lebih baru lagi. Banyak hal yang bisa dikerjakan sendiri atau seandainya telah tidak bisa bisa memanggil jasa service sofa terdekat.

Salah satu cara yang dikerjakan dengan cara ganti kain sofa sehingga memberikan sentuhan pribadi pada furnitur komersial atau furniture yang telah mulai usang. Cara ini mungkin terbilang cukup sulit, tetapi walhasil juga sesuai seimbang, lebih-lebih seandainya anda menikmati kesibukan prakarya. Dengan sedikit bantuan dan panduan, prakarya ini hakekatnya cukup menyenangkan dan amat berguna.

ganti kain sofa

Berikut cara mengganti kain sofa dengan baik dan benar :

Membuka kain pelapis sofa yang lama

1. Tentukan sofa yang ideal

Percaya atau tidak, sama seperti kendaraan beroda empat yang bisa dimodifikasi, beberapa besar furniture dirancang agar lapisannya bisa diganti. Cuma karena kain pelapis sofa telah nampak usang, tidak berarti sofa itu harus Anda buang. Anda masih bisa memanfaatkannya.

2. Pilih sofa yang sesuai dengan selera Anda

Paling tidak, carilah sofa yang gayanya bisa diubah menjadi sesuatu yang Anda sukai setelah selesai.

3. Ambil gambar sofa sebelum dipasangi kain pelapis

Ambil gambar sofa sebelum membuka lapisannya dan selama “mengoreksinya”. Ambil gambar bagian dalam dan luar, depan dan belakang. Ambil gambar dari dekat di bagian yang sedikit tersembunyi.

  • Sofa bukanlah benda yang kompleks seperti mesin, tetapi prakarya ini membutuhkan waktu cukup lama, jadi Anda sebaiknya memiliki dokumentasi foto sebagai referensinya. Anda tidak pernah tahu dikala harus mengulangi suatu pelaksanaan dan memasangkan bagian-bagian sofa sebelum kain pelapisnya dilepaskan.

4. Lepaskan bagian-bagian sofa sesuai urutan berikut ini

Berhati-hatilah untuk tidak merusak lapisan lama sofa atau bagian lain yang diperlukan, seperti bantalan sofa, dikala melepaskannya. Atau, lepaskan kain pelapis sesuai urutan berikut ini:

  • Setelah membalik posisi sofa (atas ke bawah, atau belakang ke depan), lepaskan kain pelindung dan kain pelapis di bagian bawahnya.
  • Balik kembali posisi sofa dan lepaskan kain pelapis di bagian punggung, lengan, bagian dalam punggung, serta bagian dalam lengan dan leher sofa.
  • Sekiranya ukuran kain pelapis lama ideal, Anda bisa memakainya sebagai pola kain pelapis yang baru. Simpan kain pelapis lama ini sampai sofa selesai dibenarkan, sehingga bisa diciptakan sebagai acuan seandainya perlu.

5. Periksa bantalan sofa yang rusak
Setelah kain pelapis sofa dilepaskan, periksa apakah ada isi bantalan yang harus diganti. Sekiranya bantalan sofa harus diganti, belilah busa bermutu tinggi (seberat 1-1,3 kg) yang bisa diterapkan selama bertahun-tahun. Busa yang lebih murah lazimnya lebih kencang rusak.

  • Harga busa bermutu tinggi bisa naik dengan amat kencang. Harga busa semacam ini berkaitan dengan harga minyak bumi yang merupakan bahan dasarnya. Tapi, jangan ganti dengan busa yang lain, atau sofa Anda akan nampak baik, tetapi tidak nyaman dikala diterapkan.

Membuat kain pelapis sofa baru

1. Gunakan gambar sebagai panduan
Dikala membikin dan membentuk kain pelapis baru, Anda mungkin perlu membuka kembali koleksi gambar sofa yang diambil dikala mulai melepaskan bagian-bagiannya, atau meminta anjuran dari orang yang lebih berpengalaman.

2. Potong kain Anda
Carilah tempat yang datar dan luas (seperti meja besar atau lantai) untuk membuka gulungan kain dan memotongnya. Gunakan kain pelapis yang lama sebagai pola potongan kain yang baru. Letakkan kain pelapis lama di atas kain yang baru sedemikian sehingga Anda bisa menghemat kain yang baru.
Tambahkan 1,2 cm di tepi kain untuk mengelim.
Tambahkan 2,5-7,5 cm di bagian ujung pelapis sehingga bisa dipasangkan ke sofa.

3. Jahit kain
Mesin jahit logam yang kuat akan memberikan hasil lebih baik dan tahan lama dibandingkan mesin jahit plastik dikala ini. Gunakan dudukan resleting untuk menjahit sudut kain. Gunakan benang dan jarum kuat untuk menjahit. Gunakan lebar kelim 1,2 cm.

4. Siapkan staples kuat untuk memasangkan kain pelapis yang baru ke sofa
Sekiranya tidak punya, belilah staples bermutu tinggi dan gunakan.

5. Awali dengan memasang kain yang baru berkebalikan dengan urutan melepaskannya
Pertama-tama, pasangkan dudukan sofa, kemudian lengan dan punggung bagian dalam secara berurutan. Metode apa bahkan yang Anda gunakan untuk memasangkan kain, pastikan untuk menariknya erat-erat atau kain pelapis ini lama-kelamaan akan merenggang.

  • Setelah bagian dalamnya terpasang, ukur, dan jahitkan bantal sofa. Sekiranya bantal sofa terlalu besar atau kecil, sesuaikan ukurannya dengan tempat duduk dengan mengendurkan atau mengencangkan lengan dan punggung bagian dalam sofa. Setelah itu, pasangkan lengan dan punggung bagian luar.

6. Pamerkan sofa yang baru setelah selesai
Mungkin inilah hakekatnya langkah yang paling penting.

Nah itulah cara ganti kain sofa paling sederhana yang bisa anda lakukan dirumah. Bagi anda yang tidak mau ambil pusing kami memberi rekomendasi virraservicesofa.com yang melayani jasa service sofa bandung terdekat meliputi reparasi sofa, ganti kulit sofa, jasa service sofa dan buat sofa baru. Tunggu apalagi pesan sekarang juga ya!

Tinggalkan komentar