5 Jenis Batu Alam untuk Dekorasi Rumah

Jenis Batu AlamBatu alam ketika ini sedang menjadi primadona sebagai aksesoris ataupun aksen yang mempercantik  tampilan rumah. Rumah yang memakai batu alam sebagai aksesoris rumah akan nampak lebih elegan dan mewah.

Sekarang ini ada 5 Macam Batu Alam yang menjadi Unggulan Masyarakat untuk Hiasan Rumah : 

Batu Candi

jenis batu alam

Batu candi merupakan macam batuan beku yang terbentuk dari lava yang membeku saat keluar ke permukaan bumi. Batu candi banyak ditemukan di pulau jawa terlebih di Yogyakarta, Cirebon, Majalengka dan daerah timur pulau Jawa. Ciri- ciri batu candi adalah berwarna gelap, berpori dan solid.

macam batu candi juga bisa dibuat sebagai bahan batu untuk membuat patung. Bila Anda jalan-jalan ke Bali, macam batu ini acap kali ditemukan. Popularitas pemakaian batu ini sesungguhnya telah semenjak dahulu kala. Kelebihan dari batu ini karena tak gampang berlumut, sehingga sangat sesuai ditempatkan pada eksterior rumah.

Batu Andesit

jenis batu alam

Batu andesit merupakan nama batuan beku ekstrusif yang mempunyai butiran kristal halus (fine-grained) yang biasanya berwarna abu-abu jelas hingga gelap. Andesit biasanya banyak mengandung mineral seperti feldspar plagioklas dan mungkin mengandung biotit, piroksen, atau amfibol. Andesit (gelang) biasanya tak mengandung kuarsa atau pun olivin (geology.com). Ternyata macam2 ya komposisi penyusun batu andesit.

Batu ini mempunyai sejarah yang panjang. Pasalnya semenjak jaman kolonial batu ini juga telah sangat populer. Penerapan Batu Andesit biasanya digunakan sebagai bahan bangunan seperti dinding, pagar, jembatan, dan saluran irigasi.

Dahulu nama batu andesit juga disebut dengan “batu muka”. Sebab sifatnya yang padat dan tahan terhadap cuaca serta lumut. Itu sebabnya banyak sekali yang menyukai macam batu ini. Saat ini, Batu andesit acap kali digunakan untuk eksterior dan interior rumah minimalis.

Batu Palimanan

Batu Alam Palimanan merupakan macam bebatuan pasir yang berasal dari butiran pasir melewati cara kerja sedimentasi butiran pasir. Keunikan batu ini biasanya mempunyai warna yang jelas seperti dalam warna putih atau krim. Batu palimanan mempunyai tekstur yang kuat karena mempunyai tingkat kekerasan yang lumayan tinggi.

Batu Templek

Sesudah zaman kolonial usai, hadirlah macam batu templek yang menjadi simbol awal kemerdekaan Republik Indonesia. Penerapan batu ini nampak pada gedung-gedung tua di daerah kota dan rumah-rumah tua di daerah Jatinegara, Jakarta Timur.

Tempat yang diketahui mempunyai macam bebatuan ini adalah Salagedang, Majalengka Jawa Barat. Keunikannya, berlokasi pada cara kerja pemasangannya pada bangunan, di mana batuan disusun dengan pola acak.

Batu Paras Jogja

Berikutnya adalah jenis batu alam paras Jogja. Warnanya yang putih dengan kontur menarik menambah nilai alamiah. Sebab bentuk yang menawan itu, batu ini acap kali digunakan pada tampilan bangunan. Sifat batu paras Jogja juga lunak sehingga pemahat batu sangat menyukainya.

Popularitas batu ini telah ada semenjak awal 60-an. Berbeda dengan batu candi dan batu palimanan, macam batu ini gampang dilumuti lumut. Kendati secara karakteristik sangat tak cocok untuk eksterior rumah, tetapi uniknya masih banyak saja yang menggunakannya untuk eksterior rumah.

Bila anda tinggal di sekitar Bandung dan sedang mencari rujukan batu alam yang bagus untuk dekorasi rumah anda, anda bisa menghubungi grosir batu alam Bandung yang ada di Bandung, dapatkan harga yang bersahabat dan produk berkwalitas. Grosir batu alam Bandung menyediakan berbagai macam batu alam dengan bentuk dan tekstur yang berbeda beda.

Tinggalkan komentar